-->

Protes dan Kontroversi Miss World Sepanjang Masa

Kontes kecantikan Miss World 2013 saat ini masih saja tetap dilangsungkan.

Sejalan dengan hal tersebut kontroversi, protes dan demo yang menentang pelaksanaannya juga masih tetapi berlangsung dan tambah marak.

Beberapa elemen masyarakat turun ke jalan-jalan memprotes pelaksanaan kontes kecantikan miss world tersebut.
Pihak pemrotes berdalih bahwa ajang kecantikan Miss World tidak sesuai dengan budaya ketimuran, norma agama, norma masyarakat, serta beberapa peraturan perundangan lainnya, diantaranya :
1. Norma Agama
2. Norma Budaya
3. Pancasila
4. UUD 1945
5. KUHP psl 281 ttg merusak kesopanan di muka umum.
6. UU Pornografi
7. Larangan Presiden RI tgl 28 Mei 1996
8. Instruksi Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunkasi RI tgl 30 Jan 1984 No.1M.I/HK/208/MPPT/84
9. Surat Dirjen Pariwisata tgl 27 Juni 1981 No.142//D.1/VI/1981.
10. SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tgl 26 Mei 1984 No.0237/U/1984.
11. Instruksi Dirjen Pariwisata tgl 27 Juli 1984 No.02/INST/VII/1984.
12. Surat Dirjen Pariwisata RI tgl 14 Sept 1984 No.66/B.4/IX/84.
13. SK Dirjen Kebudayaan RI tgl 25 Juni 1986 No.0646/FI.IV/J.96.
14. Surat Gubernur DKI Jakarta tgl 9 Ags 1980 No.3554/VIII/1980.

Meski saat ini Miss World menggunakan “ Beaty With Purpose” sebagai mottonya, jika dirunut sejarah Miss World yang berasal dari kontes produk bikini ini memang sering menuai kontroversi dan protes.
Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di beberapa Negara lain, yang notabene mempunyai akar budaya, adat istiadat dan kepercayaan yang berbeda. Dan hebohnya, pihak pemprotes ini justru berasal dari golongan wanita itu sendiri.

Disamping di Indonesia, protes dan kontroversi miss world sepanjang masa antara lain :

● Pada pelaksanaan kontes Miss World yang ke 20 pada tahun 1970 di di the Royal Albert Hall di Inggris, sekelompok penganut feminis naik ke atas panggung.
Mereka melemparkan tepung dan bom bau ketika acara itu sedang berlangsung. Para aktivis feminis ini juga sampai meletakkan sebuah bom di bawah mobil van televisi BBC
yang meliput dengan tujuan menghentikan siaran langsung Final Miss World tersebut.

● Lagi, kaum feminis yang berjumlah sekitar 200 berdemonstrasi di London Earls Court. Mereka memprotes pelaksanaan Miss World yang ke-60.

● Pada pelaksanaan Miss World di tahun 1966 sekelompok pelajar yang berjumlah 9 orang nekat menculik Miss Afrika Selatan Johanna Carter, pada saat para kontestan Miss World tersebut melakukan acara berkunjung Cambridge University.

● Miss World Amerika Serikat Marjorie Wallace dipecat sebagai Miss World, karena terlalu banyak melakukan kencan dengan beberapa pria kalangan atas. Ia hanya memakai mahkota Miss World hanya selama empat bulan.
Selain itu Marjorie Wallace juga terlibat dalam penampilan polos.

● Pada tahun Miss Inggris Helen Elizabeth Morgan dipaksa mencopot mahkota Miss World, meski baru empat hari mengenakannya.
Ternyata diketahui Helen adalah seorang ibu dengan anak berumur 18 tahun yang kumpul kebo.
Pada saat mengikuti kontes Helen justru menyerahkan anaknya kepada ibunya untuk diasuh.

● Pada ajang Miss World 1977 Ratu Kecantikan Mary Ann Catrin Stavin dinobatkan sebagai Miss World di Royal Albert Hall Inggris.
Parahnya dia menenggak Whisky sebelum tampil sehingga harus membutuhkan bantuan ketika naik panggung.

● Pada ajang Miss World 1997 dimenangkan oleh Diana Hayden. Namun akhirnya ia pun terpaksa harus turun tahta karena ternyata diketahui memiliki hubungan khusus dengan seorang juri Miss World.

● Rosemarie Frankland merupakan Miss Inggris yang memenangi ajang Miss World tahun 1961. Meski sebagai pemenang Miss World Frankland ternyata merasa sangat kecewa dengan industri kontes kecantikan itu sendiri dan akhirnya pindah ke AS.
Dia menderita depresi sepanjang hidupnya dan meninggal karena overdosis narkoba pada tahun 2000.

● Laxmi Pandit dipaksa untuk menyerahkan kembali mahkotanya, Miss World 2004, hanya beberapa jam setelah penobatan.
Miss India ini diketahui ternyata statusnya yang tidak single lagi, sebagaimana peryataannya.

Selain memamerkan wajah dan penampilan menawan para kontestan, kontes Miss World juga kental dengan pamer keindahan tubuh wanita,kontroversi miss world yang paling sering muncul pada akhirnya adalah mereka, para kontestan pemenang Miss World banyak yang terjebak pada tampilan dan foto yang berbau mesum atau tanpa busana.

Dan jika ditelusuri dari masa ke masa, memang tidak sedikit kontestan dan para pemenang Miss World yang terlibat dalam foto polos.