-->

Tips Merubah Warna Mata Secara Alami

Merubah warna mata secara alami.

Warna mata sangat tergantung kepada faktor genetika. Karena itulah pada beberapa orang / bangsa sejak lahir memiiiki mata yan berwarna coklat, biru atau bahkan hijau. 
Namun mata yang berwarna hijau ini merupakan warna mata yang langka

Sifat warna mata 

Warna mata mirip seperti sebuah sidik jari. 
Masing-masing orang memiliki warna mata yang unik dan spesifik. Warna mata sendiri berasal dari kombinasi dari gen yang diturunkan dari generasi ke generasi dengan pencampuran dan penyesuaian gen, dan lebih rumit dari sekedar sifat ‘dominan’ atau ‘resesif’. 
Karena itu warna mata akan bersifat konstant, meski dengan berambahnya usia. Meskipun ketika usia seseorang bertambah, maka warna matanya akan bertambah lebih terang ( prosesnya sangat lambat ). 

Proses terjadinya warna pada mata 

Warna dari mata sendiri berasal dari penumpukan melanin. 
Melanin merupakan sebuah pigmen pada iris yang menyebabkan mata menjadi berwarna. Apabila seseorang tidak mempunyai melanin, maka matanya akan terlihat jernih. 
Pada bayi misalnya. Bayi yang baru dilahirkan umumnya memiliki warna mata yang samar , karena bayi belum memiliki melanin. 
Warna mata pada bayi baru akan terlihat ketika sudah berumur setidaknya tiga bulan, dimana melanin telah berkembang. Berbalikan dengan hal di atas, ketika melanin terdapat dalam jumlah yang lebih banyak maka mata akan berwarna cokelat gelap atau hitam. 
Spektrum penumpukan melanin, secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 yaitu : 
1. Jumlah melanin sedikit maka mata akan berwarna biru 
2. Jumlah melanin sedang maka mata akan berwarna merah kecoklatan 
3. Jumlah melanin banyak maka mata akan berwarna coklat 

cara merubah warna mata secara alami

Namun pada orang-orang yang mengalami gangguan atau kelainan melanin memang dapat menghasilkan warna mata yang unik. 
Pada orang albino, maka mata mereka tidak mempunyai kandungan melanin. Karena itu warna mata orang albino akan cenderung berwarna merah muda atau merah, sehingga pembuluh darahnya dapat terlihat. Sedangkan pada orang yang mengalami kelainan Heterochromia maka warna matanya dapat berbeda antara satu dengan lainnya. 

Merubah warna mata 

Mengingat hal diatas – dimana warna mata merupakan faktor genetika – apakah warna mata seseorang bisa dirubah ? 
Jawabannya : bisa

Namun yang perlu dipahami adalah warna mata seseorang tidak bisa dirubah secara permanen ( dengan cara alami ). Warna mata bisa dirubah secara permanen hanya dengan melalui operasi mata. 
Sedangkan melakukan operasi mata untuk merubah warnanya selalu memiliki dampak negatif yang membahayakan kesehatan mata. Bahkan menggunakan lensa kontak juga merupakan tindakan merubah warna mata secara sementara. 

Sebenarnya warna mata seseorang dapat dirubah secara alami

 Namun perubahan warna mata secara alami ini tidak bisa menghasilkan warna mata yang drastis ( misal coklat menjadi hijau ) , dan bersifat sementara. 

Nah, jika anda tetap tertarik merubah warna mata anda secara alami, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini : 

1. Mengontrol emosi
Warna mata ternyata berhubungan dengan emosi. 
Coba perhatikan ketika seseorang sedang marah, sedih atau menangis. Maka secara alami warna matanya akan berubah. 
Hormon tubuh yang mengontrol emosi ternyata merubah ukuran pupil sehingga menjadikan warna mata terlihat lebih terang. 

2. Dengan mengubah diet 
Makanan yang dikonsumsi, salah satu fungsinya untuk mengatur produksi hormon dalam tubuh, termasuk hotmon serotonin dan norepinefrin, yang fungsinya dapat melebarkan atau memperluas pupil untuk jangka waktu tertentu, sehingga menjadikan mata terlihat lebih gelap atau lebih terang. 
Karena itu, dengan merubah diet secara drastic – terutama ditujukan untuk mengubah jumlah hormon tertentu, maka bisa ( sedikit ) merubah warna mata. 

3. Dengan melakukan terapi herbal 
Beberapa herbal memiliki khasiat pembersihan terhadap mata dan merubah kadar hormon tertentu dalam tubuh yang mempengaruhi warna mata. 
Herbal seperti teh chamomile, licorice, dan uvi-ursa yang dikonsumsi beberapa kali sehari dipercaya mampu menimbulkan ilusi dan sedikit perubahan pada warna mata. 

Itulah beberapa cara untuk merubah warna mata secara alami

Namun sekali lagi yang perlu diingat adalah bahwa perubahan warna mata tersebut tidak secara drastic dan hanya bersifat sementara. Mengubah warna mata dengan alami secara drastis – misalnya dengan mengkonsumsi hormone secara langsung - akan selalu membahayakan kesehatan tubuh anda. 
Sebab hal ini selalu terkait dengan keseimbangan hormon tubuh yang lainnya. 

Sumber : wikihow 
Lihat juga : 

You may like these posts