-->

Kajian Ilmiah : Mengapa Islam Melarang Tidur Setelah Makan ? Ini Rahasianya


Masih ingat ? 
Para orang tua jaman dulu selalu melarang anak-anaknya untuk langsung pergi tidur setelah makan. Atau juga makan sambil tiduran. Nanti jadi malas, katanya. 
Terutama bagi umat muslim, tentu sudah begitu akrab dengan “larangan” diatas. 
Sebab diriwayatkan Nabi Muhammad, SAW pernah bersabda : 
Janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras” 
( HR Abbu Nua’im, dari Aisyah, ra ). 

Jadi apa sebabnya ? apa rahasianya ? 
Ada kajian ilmiah mengenai larangan tidak boleh langsung tidur setelah makan ini. 

Yang pertama dan yang telah umum diketahui adalah bahwa ketika seseorang tidur, maka organ-organ tubuh lainnya juga akan beristirahat. Dan ketika seseorang tidur dengan kondisi perut yang penuh ( karena habis makan ) maka lambung dan pencernaan juga akan penuh. 
Sehingga bukannya beristirahat, saluran lambung dan pencernaan malah harus bekerja lebih keras mencerna makanan yang ada dalam perut. 
Karena itulah perut akan tidak enak ( orang tua dulu bilang : ususnya mengambang ). 
Tidur setelah makan juga sangat rentan terhadap terjadinya masalah kegemukan

Kedua, dan yang lebih berbahaya lagi adalah, langsung tidur setelah makan ternyata bisa menyebabkan timbulnya “heartburn” dan penyakit kanker saluran Esofagus
Lihat juga : 

Ketika penuh berisi makanan, maka lambung akan bekerja ekstra keras mengeluarkan asam lambung untuk mencernanya. Dan karena kelebihan asam lambung ini maka akan terjadi “reflux asam lambung”. Asamlambung akan lebih mudah mengalir “naik” ke saluran Esofagus ( terutama ) ketika seseorang dalam kondisi berbaring atau tidur. 
Naiknya sama lambung ke saluran Esofagus ini akan membuat sel-sel saluran keringkongan mengalami iritasi. 

Iritasi kerongkongan ini dapat terjadi karena asam lambung ini pH-nya sangat rendah ( pH = 1 – 2,5 ). Gejalanya ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di bagian dada, disebut dengan heartburn. Dan ketika hal ini menjadi kebiasaan dan terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka sel kerongkongan akan mengalami akumulasi iritasi, sehingga akhirnya timbullah penyakit kanker Esofagus ini. 

Itulah kajian Ilmiah dan rahasinya Mengapa Islam Melarang Tidur Setelah Makan. Karena itu, mulai sekarang anda, dan juga semua kelaurga anda jangan sekali-kali langsung pergi tidur setelah makan. Disamping merupakan salah satu usaha menjalani apa yang dikatakan, sunnah Rasullullah, juga sangat penting bagi kesehatan anda sendiri, terhindar dari timbulnya kanker Esophagus.

You may like these posts