-->

Ahli Ungkap Bahaya Mengkonsumsi Daging Merah Yang Jarang Diketahui


Sebagaimana diajarkan dalam pelajaran sekolah ( dulu ), kita dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi daging. 
Sebab secara singkatnya, daging adalah salah satu bahan pangan yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna. 
Sebab daging sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi perkembangan dan kesehatan tubuh. 

Namun menurut temuan para ahli yang terbaru, dalam kondisi dan batas tertentu, mengkonsumsi daging merah malah tidak dianjurkan, karena dianggap membahayakan. 

Ada sebuah riset di Amerika Serikat yang dilakukan oleh tim peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Harvard, Boston, tentang bahaya dari mengkonsumsi daging merah ini, sebagaimana yang tertulis dalam laporan penelitian yang dimuat pada British Medical Journal. 

Temuan terbaru tersebut didapatkan tim peneliti , saat mengkaji kesehatan 3.000 perempuan yang mengidap kanker payudara. 
Didapatkan bahwa wanita yang mengkonsumsi daging merah dalam jumlah banyak sejak usia muda amat mungkin terkena kanker payudara

bahaya mengkonsumsi daging merah

Laporan tersebut menyatakan : 
 “Konsumsi daging merah sejak usia muda amat mungkin menjadi faktor risiko kanker payudara. Sebaliknya, mengganti daging merah dengan kombinasi kacang-kacangan, unggas, dan ikan boleh jadi mengurangi risiko kanker payudara,” 
Namun demikian, sampai sat ini, temuan yang cukup mengejutkan tentang bahaya dari daging merah itu masih diragukan oleh sejumlah peneliti dari Inggris. 
Menurut seorang ahli epidemiologi dari Universitas Oxford, Profesor Tim Key, menyatakan bahwa keterkaitan antara mengkonsumsi daging merah dengan kanker payudara “cukup lemah” dan “tidak cukup kuat mengubah bukti masa lalu yang menemukan bahwa tiada kaitan antara keduanya.” 
Sedangkan Profesor Valerie Beral, direktur Pusat Epidemiologi di Universitas Oxford, menerangkan bahwa lusinan studi telah menyoroti keterkaitan risiko payudara dengan pola makan. 
“Bukti yang ada mengindikasikan konsumsi daging merah sedikit atau tidak berdampak pada kanker payudara,” kata Beral. 

Namun dari hasil penelitian yang pernah dilakukan beberapa waktu sebelumnya , dapat dibuktikan bahwa mengkonsumsi daging merah dalam jumlah banyak memang akan dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus besar. 
Lihat juga : 

You may like these posts