-->

Temuan Ahli, Sayur Ternyata Dapat Tangkal Penyakit Diabetes Tipe-2


Sedari kecil kita diajari agar gemar makan sayur-mayur. Sebab sayur merupakan 1 dari 4 sehat 5 sempurna. Sebab makan sayur akan menjadikan tubuh sehat. 
Sehat seperti apa yang dimaksud ? 

Tentu saja begitu banyak manfaat mengkonsumsi sayur bagi kesehatan, yang tidak bisa disebut satu persatu. Dan salah satu “sehat” akibat makan sayur adalah seperti hasil temuan para ahli yang berikut ini. 

Sayur ternyata dapat tangkal penyakit diabetes tipe-2 

Sebagaimana dilansir dari laman BBC, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para periset dari Universitas Leicester, Inggris tengah. 
Para periset mempelajari data dari penelitian atas 220 ribu orang dewasa. 
Dimana laporannya bisa dilihat di British Medical Journal (BMJ). 

sayur cegah diabetes tipe-2Atas penelitian yang dilakukan para periset mengatakan bahwa diet yang mengutamakan sayuran berdaun hijau lebat mungkin bisa mencegah ancaman diabetes. 
Dalam satu analisis mereka atas enam penelitian terhadap konsumsi buah-buahan dan sayur, dinyatakan hanya makanan yang mengandung spinach (semacam bayam) dan kol yang didapati memiliki dampak positif yang signifikan. 
Satu setengah porsi sehari didapati bisa mengurangi anacamn diabetes tipe 2 sebesar 14%. 
Mereka mendesak agar masyarakat tetap berusaha mencapai lima porsi buah-buahan dan sayur setiap hari. Namun mereka menyatakan bahwa memakan buah dan sayur lebih banyak, tidak terhubung kuat dengan peluang kecil untuk terkena diabetes tipe 2 tetapi "ada kecenderungan umum ke arah itu". 

Dari data tersebut tim mengkalkulasikan bahwa dosis harian 106 gram akan mengurangi ancaman diabetes sebesar 14%. Meski didapat hasil yang demikian belum bisa dijelaskan mengapa sayur-sayuran yang berdaun lebat bisa berdampak mencegah. 

Ahli menduga salah satu sebabnya adalah bahwa daun hijau lebat itu memiliki zat antioksidan yang tinggi seperti vitamin C. 
Sedang teori lainnya menyertakan bahwa sayuran berdaun hijau lebat mengandung tingkat magnesium yang tinggi. 
Atas temuan tersebut, ketua tim pengkajian, Profesor Melanie Davies, guru besar obat diabetes di Universitas Leicester, mengatakan bahwa pesan untuk memakan lima porsi buah-buahan dan sayur sehari masih tetap penting. 

Untuk langkah selanjutnya, tim berencana akan melakukan penelitian terhadap orang yang berpeluang tinggi terkena kondisi itu untuk melihat apakah menambah porsi sayur seperti bayam dan kale (semacam daun singkong) bisa mengurangi peluang terkena diabetes

Menurut data antara tahun 2008- 2009, Survei Nutrisi Diet Nasional memperlihatkan bahwa, meskipun konsumsi buah dan sayur meningkat selama satu dasawarsa belakangan ini, hanya sepertiga pria dan wanita memakan lima porsi yang direkomendasikan per sehari. 
Karena itulah dalam editorial di BMJ, Profesor Jim Mann dari Universitas Otago di Selandia Baru menekankan bahwa pesan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur tidak boleh surut, meskipun sayuran berdaun bijau lebat jelas bisa dimasukkan sebagai salah satu porsi harian. 

Sedangkan Dr Iain Frame, direktur riset di Diabetes UK, mengatakan, 
"Kita sudah tahu bahwa manfaat kesehatan memakan sayuran jauh lebih banyak tetapi inilah untuk pertama kali disebutkan kaitan antara sayuran berdaun hijau lebat dan pencegahan diabetes tipe 2." 

Lihat juga : 

You may like these posts