-->

Gemuk Tidak Apa-Apa, Yang Penting Sehat. Benar Atau Salah ?


Entah untuk membela diri atau untuk menghibur diri, anda pasti mendengar istilah : “ gemuk tidak apa-apa, yang penting sehat”. 
Kedengarannya memang “cukup masuk akal”. 
Tetapi, yang sebenarnya, benarkah istilah tersebut ? 

Ada baiknya menyimak hasil dari sebuah riset tentang hal ini. 
Ada sebuah riset yang mempelajari tentang masalah kegemukan hubungannya dengan masalah kesehatan secara keseluruhan, yang diterbitkan pada Annals of Internal Medicine , dimana riset ini dilakukan terhadap 60.000 responden. 

Oleh para ahli, riset ini dirasa perlu untuk dilakukan, sebab sebelumnya memang ada sebuah anggapan bahwa kegemukan atau kelebihan berat badan tidak berdampak langsung dengan resiko penyakit, selama orang tersebut bisa menjalani pola / gaya hidup sehat. 
Dan dari hasil tersebut para ahli akhirnya mengambil satu kesimpulan yang menepis anggapan bahwa seseorang tetap bisa sehat meskipun mengalami kegemukan / obesitas / kelebihan berat badan

Hasil yang disimpulkan oleh para peneliti dari Rumah Sakit Mount Sinai, Toronto, tersebut memberikan pendapat bahwa orang-orang yang mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan - walau metabolisme tubuhnya sehat – akan tetap memiliki faktor resiko mendasar yang bisa memburuk kondisinya dari waktu ke waktu. 

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, pemimpin studi Dr Ravi Retnakaran mengatakan : 
"Ini benar-benar meragukan argumen bahwa obesitas bisa sehat." 
"Data ini menunjukkan bahwa baik pasien obesitas yang sehat maupun yang tidak sehat, keduanya memiliki peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler." 
Timbunan lemak masih menyimpan risiko kesehatan bahkan ketika kolesterol, tekanan darah, dan gula darah normal. 

Di sisi lain, Lembaga Jantung Inggris menyatakan bahwa kegemukan / obesitas merupakan faktor resiko yang diketahui untuk penyakit jantung dan penelitian menunjukkan tidak ada obesitas yang bisa dikatakan sehat. 
Sedangkan sejumlah riset lain menyatakan bahwa kegemukan / obesitas juga dapat memicu terjdadinya osteoporosis dan kurangnya vitamin D dalam tubuh. 

Jadi mulai sekarang ada baiknya mulai memperhatikan kondisi berat tubuh anda. Sebab anggapan bahwa “gemuk tidak apa-apa, yang penting sehat” adalah tidak benar. 
Lihat juga : 

You may like these posts