-->

Mengapa Penderita Diabetes Malah Dianjurkan Mengkonsumsi Madu ? Ini Sebabnya


Salah satu bahan pangan yang paling ditakuti dan dihindari oleh penderita penyakit diabetes adalah makanan yang manis-manis
Sebab makanan yang rasanya manis merupakan indikasi yang paling mudah untuk menandakan bahwa bahan pangan tersebut mengandung banyak gula dan atau turunan gula. 

Sudah banyak terbukti, ketika penderita diabetes yang “nekat” mengkonsumsi bahan pangan yang manis-manis, dampaknya luar biasa. Kadar gula dalam darah langsung melonjak tinggi, lalu disertai dengan keluhan-keluhan yang umum diderita oleh penderita diabetes

Namun yang terdengar “agak aneh” adalah para penderita diabetes kok malah dianjurkan untuk mengkonsumsi madu, sebagai pengganti kebutuhan gula. 

Padahal tahu sendiri, madu merupakan bahan pangan yang manis, bahkan sangat manis. 
Mengapa malah dianjurkan untuk dikonsumsi ? 

Sebagaimana diketahui bahwa bahan pangan dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah untuk diambil kalorinya sebagai sumber tenaga.

Karena itulah, kalori sangat dibutuhkan untuk melakukan semua aktivitas sehari-hari.

Dan sumber instan dan terbaik untuk mensuplay kalori adalah dari bahan pangan yang mengandung gula ( manis ). 

Masalahnya adalah, gula yang terkandung dalam bahan pangan akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi penderita diabetes seperti di atas. Sedangkan seseorang, meski menderita penyakit diabetes masih tetap harus memperoleh sumber tenaga guna melakukan aktivitas hidupnnya secara normal.

Sebaliknya dengan madu
Meskipun madu terasa sangat manis di mulut, namun gula yang terkandung dalam madu merupakan jenis gula yang mudah diurai dan diserap oleh tubuh. 
Untuk mengurai dan menyerap gula dari madu secara sempurna, tubuh tidak perlu - membutuhkan begitu banyak Insulin yang harus diproduksi oleh Pankreas. Artinya tubuh tidak perlu harus bekerja keras untuk mengambil sari makanan ini.

Karena itulah, madu sangat baik, meski dikonsumsi oleh para penderita diabetes
Madu akan memberikan kalori secara instan, namun gula yang terkandung di dalamnya sangat aman, karena mudah diurai dan diserap oleh tubuh penderita. 

Simak juga :

You may like these posts