-->

5 Hal Yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut Yang Sebaiknya Diketahui


Mau pilih mana, mulut bau atau bau mulut ? 
Sebaiknya jangan pilih keduanya. 
Sebab jika mulut bau, biasanya akan menyebabkan orang menghindari tidak menyukai atau bahkan membenci, karena kata-kata kotor yang dikeluarkan ( dalam khasanah bahasa Indonesia, mulut bau bisa diartikan sebagai senang mengumbar kata-kata kotor ). 
Sedangkan jika bau mulut, meski tidak sampai dibenci, orang-orang biasanya juga akan berusaha menghindari, karena aroma yang tidak sedap. 

Mengapa mulut menjadi bau ? 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bau mulut. 
Yang jika disederhanakan, hal-hal yang dapat menyebabkan bau mulut antara lain : 

1. Karena adanya gangguan fisik atau penyakit 
Beberapa gangguan fisik atau penyakit tertentu memang bisa menyebabkan bau mulut. Misalnya : Gigi berlubang, Luka atau borok dalam mulut, Penyakit sinus dan infeksi pernafasan, Penyakit liver, Penyakit gangguan pencernaan, Diabetes, gangguan ginjal, atau beberapa penyakit dalam lainnya. 

2. Karena gangguan psikologis - stress
Sering mengalami Stress hebat juga dapat menyebabkan bau mulut. 

3. Jorok atau pola hidup tidak bersih 
Terutama dalam hal kebersihan gigi dan mulut. Perlu diketahui di dalam mulut manusia, normalnya terdapat 400 macam jenis bakteri. Dan dalam mulut – terutama lidah – terdapat jutaan bakteri. 
Maka dapat dipastikan pola hidup yang tidak bersih atau jorok, malas gosok gigi misalnya, jika menjadi sebuah kebiasaan akan menyebabkan bau mulut. Sebab hasil reaksi antara bakteri dan sisa makanan, salah satunya akan menghasilkan senyawa sulfur yang dapat menjadi penyebab utama bau mulut. 
Sebaiknya lihat juga :

4. Bau mulut disebabkan bahan makanan 
Meski bukan makanan busuk, ada makanan tertentu yang memang bisa menyebabkan. Umumnya makanan yang berbau dan beraroma tajam. 
Bawang merah dan bawang putih merupakan salah satu contohnya. Alkohol dan merokok juga dapat menyebabkan bau mulut. 

5. Karena kondisi dan atau terapi tertentu 
Kondisi perut yang kosong ( lapar ) dalam jangka waktu lama, akan mengakibatkan terjadinya ketosis, sehingga juga bisa menyebabkan bau mulut, meski sementara. 
Itulah sebabnya orang-orang yang sedang berpuasa biasanya dihinggapi bau mulut. Dalam hal ini termasuk pada orang-orang yang sedang menjalani diet tertentu. 
Untuk menghindari masalah bau mulut, maka akan lebih baik jika mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Anda dapat melihatnya artikel selanjutnya pada  : 

You may like these posts