-->

Cara Hindari Kanker Dengan Rubah Pola Hidup Seperti Ini

Sebagaimana diketahui, disamping penyakit jantung, penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian.
Selain itu pengobatan penyakit kanker juga terbilang relatif lebih “repot” dan menguras biaya.
Tapi tahukah anda jika timbulnya penyakit kanker justru seringkali disebabkan oleh “ulah” anda sendiri ?

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit kanker pada dasarnya disebabkan karena adanya faktor genetik atau karena keturunan.
Tetapi sebuah penelitian terbaru, menyebutkan bahwa munculnya penyakit kanker disebabkan oleh faktor yang lain.

Dari sebuah laporan dari lembaga Penelitian Kanker Inggris disebutkan bahwa hampir dari setengah penderita kanker yang terdiagnosis di setiap tahunnya di Inggris justru disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, serta pola makan yang tidak sehat.

Menurut laporan tersebut, merokok menjadi penyebab terbesar pertama, yaitu sekitar 23%, untuk kanker di kalangan pria, serta mencapai 15,6% untuk kalangan wanita.
Penyebab terbesar kedua adalah adanya pola makan yang tidak sehat, seperti jarang mengkonsumsi sayuran segar atau buah.
Khusus untuk wanita, penyebab terbesar kedua adalah karena faktor kelebihan berat badan atau overweight.

Berdasar bukti tersebut - dengan melihat penyebab-penyebabnya - pihak lembaga Penelitian Kanker Inggris menyatakan bahwa 40% munculnya penyakit kanker dikarenakan oleh faktor-faktor yang sebenarnya bisa dicegah.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit kanker ?

Memang bila dihitung secara keseluruhan, diketahui terdapat 14 faktor gaya hidup dan lingkungan – termasuk tempat tinggal dan lingkungan kerja- yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker.
Sebagai contoh di Inggris sendiri bahkan mencapai 134.000 kasus per tahun.
Tercatat, ada sekitar 100.000 kasus atau 34% penyakit kanker yang berhubungan dengan merokok, pola makan, alkohol, dan kelebihan berat badan.
Hanya ada 1 dari 25 kasus kanker saja yang terkait dengan pekerjaan, yaitu karena sering terpapar bahan kimia atau asbestos.

Kaitan sejumlah faktor dengan kanker bisa dipastikan dengan jelas, misalnya antara merokok dan kanker paru-paru namun tidak demikian halnya dengan beberapa faktor lain.
Misalnya untuk kanker payudara, karena kelebihan berat badan lebih mungkin menyebabkan kanker payudara dibandingkan faktor menyusui atau mengkonsumsi alkohol.

Jadi sebaiknya yang dilakukan untuk mencegah penyakit kanker , untuk pria - yang terbaik - adalah berhenti merokok, memperbanyak makan sayuran dan buahan, serta jangan minum alkohol.
Sedangkan untuk wanita, yang terbaik adalah berhenti merokok dan menjaga jangan sampai kelebihan berat badan.

Bagaimana cara meminimalkan risiko kanker ?

Untuk meminimalkan terjadinya penyakit kanker, untuk kanker perut misalnya, dapat dilakukan dengan mengurangi asupan garam.
Sebab dari penelitian juga disimpulkan bahwa seperlimanya kasus terjadinya kanker perut disebabkan oleh makanan yang terlalu banyak mengandung garam.
Sedangkan beberapa jenis kanker lain, seperti mulut dan tenggorokan, hampir semuanya disebabkan oleh gaya hidup.
Namun demikian untuk penyebab kanker kandung kemih , sepertinya tidak berhubungan dengan gaya hidup.

Karena itulah apa yang disampaikan oleh Dr Rachel Thompson dari Dana Penelitian Kanker Dunia hampir senada dengan pernyataan Direktur Penelitian Kanker Inggris, Dr Harpal Kumar yang mengatakan bahwa laporan yang ada memperkuat bukti kaitan antara kanker dan gaya hidup.
Gaya hidup yang sehat tidak bisa menjadi jaminan penuh bahwa seseorang tidak akan terkena kanker.

Sebaiknya baca juga :

You may like these posts