-->

Apa Bahaya Penggunaan Obat Antibiotik ? Simak Ulasannya

Peringatan bagi masyarakat yang bergaya hidup modern. Yaitu orang-orang yang begitu mengandalkan dan begitu tergantung kepada obat-obatan antibiotik modern, untuk melakukan upaya penyembuhan ketika sakit.

Namun kurang begitu memahami tentang “kegunaan, cara kerja dan bahaya” obat tersebut.

Sebagaimana telah diketahui bahwa ilmu pengetahuan modern – dalam hal ini termasuk juga ilmu pengetahuan kedokteran – telah menjadikan masyarakat mempunyai ketergantungan yang sangat besar terhadap obat-obatan modern.
Sebenarnya, tidak sepenuhnya salah dalam hal ini. Namun mengingat sedemikian besar ketergantungan masyarakat terhadap obat-obatan modern, menimbulkan beberapa kekhawatiran – justru - di kalangan para ahli. Sebab, tidak seperti obat-obatan yang sifatnya alami atau obat herbal, obat-obatan modern selalu membawa dampak samping yang lebih besar.
Terlebih jika penggunaannya tidak sesuai.


Sebagai contoh adalah obat-obatan antibiotik.

Obat-obatan antibiotik mempunyai mekanisme kerja yang berbeda dengan obat-obatan biasa dalam melawan kuman atau bakteria.

Itulah sebabnya para dokter selalu memesan pasiennya agar HARUS menghabiskan obat antibiotik yang diberikan dalam resepnya.

Masalahnya adalah, tidak semua pasien mematuhi hal ini.
Pasien umumnya berhenti minum obat ketika penyakit yang diderita terasa telah sembuh. Dalam hal ini termasuk menghentikan mengkonsumsi obat antibiotik.

Kebiasaan buruk pasien yang seperti inilah yang pada akhirnya menyebabkan daya tahan bakteria tertentu terhadap obat-obatan meningkat.
Hal inilah yang diingatkan oleh para ahli.

Suatu komisi yang beranggotakan para ahli kesehatan dari seluruh dunia memperingatkan bahwa jenis-jenis bakteria yang tahan obat adalah salah satu ancaman terbesar obat-obatan ( antibiotik ) modern.

Dalam sebuah publikasi di jurnal medis The Lancet, para pakar menyerukan adanya sebuah koordinasi global - yang belum pernah dilakukan selama ini- untuk segera mengatasi ancaman tersebut.
Koordinasi yang dimaksud disini mencakup juga pemangkasan pemberian resep antibiotik serta memberikan insentif kepada perusahaan farmasi untuk mengembangkan obat baru.
"Obat-obatan modern tak pernah menghadapi ancaman sebesar ini," demikian tulis para ilmuwan di jurnal The Lancet
Namun para para ahli juga memperingatkan bahwa tanpa menggunakan obat-obatan maka dunia medis akan mengalami banyak kesulitan.

Sebagai contoh, seandainya tanpa menggunakan obat antibiotik, maka berbagai macam proses penyembuhan, mulai dari operasi ringan hingga pengobatan kanker dengan kemoterapi bisa tidak dimungkinkan.
Selain itu, ancaman kematian akibat adanya infeksi diperkirakan akan meningkat lagi seperti sebelum awal abad ke-20.

Lebih lanjut para ahli juga mengatakan, jika tidak segara diambil langkah terkoordinir secara global, maka biaya layanan kesehatan akan meningkat tajam karena harus membeli obat antibiotik baru yang lebih mahal. Dan juga pengeluaran rumah sakit juga akan semakin membengkak sebab pasien yang harus menjalani rawat inap akan makin bertambah.

Jadi bagi anda yang saat ini mempunyai ketergantungan yang besar terhadap obat-obatan antibiotik modern, tidak ada salahnya mulai berhati-hati.
Jika masih memungkinkan, penggunaan obat-obatan alami akan jauh lebih aman.
Dan seandainya harus menggunakan obat-obatan modern, sebaiknya benar-benar memperhatikan tata cara penggunaannya.

Sebaiknya lihat juga :

You may like these posts