-->

Buka-Bukaan Masalah Payudara Bagi Pemula ( Pria Dilarang Intip )

Meski tag judulnya “hanya” preview masalah payudara bagi pemula, tapi jangan anggap remeh. Sebab meski tampaknya hanya “preview” atau “pemula” masalah payudara yang satu ini boleh jadi menjadi sebuah dasar untuk lebih memahami masalah-masalah payudara yang lainnya.

Makanya karena sebuah dasar, tag judul ditambah sedikit : pria tidak boleh intip.

Tapi, kalau memang sangat penasaran mau mengintip….oke…lah. tapi yang ini saja, ya…pasti suka :

Sedangkan untuk anda – para wanita – yang berikut ini sepertinya “wajib- deh “ untuk dibaca dan sangat sayang jika dilewatkan :


Tapi, BTW mengapa ada embel-embel kata “pemula” ?.
Sebab uraian ini lebih cocoknya ( atau wajib – ya ) memang untuk gadis-gadis yang baru menginjak remaja alias alias puber atau ABG.
Namun sebenarnya para wanita dewasa juga tidak “haram” kok baca-baca ini.
Siapa tahu ( atau yakin ? ) masih banyak hal yang bermanfaat yang bisa diserap.

PALING PENTING ! Ukuran payudara dan faktor keturunan.

Ukuran payudara dipengaruhi oleh faktor keturunan !
Bukan seberapa awal payudara tumbuh atau yang lainnya.
Jadi tidak usah galau dan iri jika lihat ukuran payudara cewek sebelah yang lebih “extra big”. Dan tidak perlu macem-macem untuk berusaha membesarkannya. Yang normal-normal sajalah.
Jangan khawatir, meski ukuran payudara kecil tidak akan membawa masalah jika sudah punya anak dan menyusui, produksi air susunya juga bisa sebanyak payudara yang ekstra big tadi.

● Definisi dan bagian-bagian penting payudara

- Payudara adalah bagian daging yang terdiri dari sel-sel lemak, saluran susu dan jaringan untuk saluran susu.
- Puting payudara terdiri dari kulit dan syaraf.
Seluruh saluran susu mengarah ke puting. Dan, bayi mendapatkan makanan pertamanya dari menghisap puting susu ibundanya.

- Aerola Adalah bulatan berwarna gelap yang melingkari putting. Jadi sebuah “petunjuk” bagi sang bayi untuk menemukan “lokasi’ menyusu. Benjolan kecil pada Aerola disebut dengan kelenjar Montgomery yang berfungsi sebagai “pelumas” kulit selama proses menyusui.

● Bagaimana bentuk payudara yang dikatakan “ normal” ?

Bentuk payudara setiap wanita tidak selalu sama. Dan itu semua masih dikatakan normal. Kalau tidak percaya….tanyakan saja ke dokter.

- Bentuk dan ukuran payudara
Masing-masing payudara ( kiri atau kanan ) berkembang sendiri-sendiri. Jadi bisa saja kedua ukuran payudara tidak sama. Dan itu semua normal.
Kecuali perbedaan ukurannya mencapai 2 cup bra atau berbentuk “pipa”. Nah jika sudah dalam kondisi seperti ini, sebaiknya memang cepat-cepat periksa ke dokter.

- Rambut di sekitar payudara
Sangat normal jika di sekitar aerola tumbuh beberapa helai rambut.
Kecuali jika jumlahnya 10 helai atau lebih di masing-masing payudara.Dan bentuknya tajam.
Maka siap-siap saja ke dokter.

- Variasi puting payudara
Ada puting yang menonjol. Namun ada pula yang membenam. Kedua-duanya normal.
Namun jika sudah ( selalu ) mengeluarkan cairan atau darah bisa jadi itu pertanda infeksi atau penyakit tumor. Ke dokter, merupakan langkah yang sangat disarankan.

- Bench mark pada payudara
Pada saat payudara mulai tumbuh dan berkembang maka akan terjadi peregangan pada jaringan otot dan kulit sekitarnya. Sehingga terkadang terjadi garis-garis kulit yang memanjang, yang disebut Bench Mark. Tenang saja. Itu normal. Dan “bench mark” bisa dihilangkan dengan krim khusus yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran.

● Bagaimana dengan pertumbuhan payudara ?

- Normalnya, payudara akan tumbuh 2 tahun sebelum seorang wanita mengalami menstruasi pertamanya. Dan butuh waktu selama 3 sampai 5 tahun untuk tumbuh sempurna.
Setelah itu, ukuran dan bentuk payudara akan dipengaruhi oleh naik turunnya berat badan.

- Apabila Aerola payudara tidak mulai tampak ( sedikit menonjol ) ketika sudah berusia 13 tahun, sebaiknya periksa ke dokter.

● Tentang benjolan pada payudara

Hati-hati dengan adanya benjolan pada payudara. Memang tidak selamanya benjolan pada payudara itu berbahaya. Tetapi bersikap waspada adalah langkah yang paling bijaksana.
Untuk itu kenali benjolan pada payudara.

- Benjolan Fibrocystic
Kista kecil dan lunak ini terbentuk seminggu sebelum masa menstruasi. Dan bakal menghilang ketika menstruasi sudah datang. Jadi tenang saja. Aman kok.

- Benjolan Fibrodenoma
Benjolan kenyal yang tidak mau hilang selama masa menstruasi. Biasanya bukan tonjolan yang berbahaya. Tapi jika cemas periksakan ke dokter untuk memastikannya.

- Tumor atau kanker payudara
Benjolan keras yang bersifat tetap kemungkinan besar adalah tumor ( terlebih jika ditambah dengan tanda-tanda spesifik ). Periksakan ke dokter. tapi jangan panik. Ada bukti bahwa hanya 1 % ( kurang dikit ) benjolan pada gadis remaja yang benar-benar kanker.

Itulah beberapa masalah payudara bagi pemula. Sebaiknya wajib diketahui.

Dan agar lebih “matang” dengan masalah payudara membaca artikel-artikel yang di atas tadi sangat disarankan.

You may like these posts