-->

Wanita Harus Tahu ! Rawat Keindahan dan Kesehatan Payudara

Payudara adalah asset yang begitu berharga bagi seorang wanita.
Tidak hanya berperan penting dalam masalah reproduksi, sebagai tempat keluarnya ASI untuk menyusui sang bayi, payudara juga merupakan modal keindahan dan kecantikan bagi wanita.

Makanya banyak wanita yang rela “melakukan apa saja” untuk mempertahankan bentuk dan keindahan payudaranya.

Terkadang seorang ibu rela tidak menyusui bayinya gara-gara ketakutan ( yang tidak beralasan ) akan mengganggu keindahan payudaranya.
Bahkan tidak sedikit pula yang rela melakukan operasi-operasi medis untuk mendapatkan bentuk dan keindahan payudara yang diidamkannya, meski selalu ada factor resiko dan bahaya yang menyertainya.

Banyak factor yang berpengaruh terhadap bentuk, ukuran dan kekenyalan payudara, misalnya faktor hormonal, gizi, berat badan, olahraga atau aktifitas, serta genetika.
Dan dengan bertambahnya usia secara alami akan terjadi proses berkurangnya kekenyalan dan kekencangan payudara.
Di satu sisi, semua wanita tentu menginginkan mempunyai payudara yang sehat. Indah, padat, berisi dan montok ( kencang dan kenyal ).

Untuk mendapatkan payudara yang diidamkan, sebenarnya tidak harus membutuhkan dan mengeluarkan biaya yang besar ( operasi plastik misalnya ).

Selama mau berdisiplin, rajin dan telaten dalam latihan dan perawatan, payudara yang sehat dan indah tidaklah mustahil untuk didapatkan.
Ini dikarenakan, di luar factor hormonal dan genetika, factor utama yang mempengaruhi kesehatan dan keindahan payudara pada dasarnya adalah masalah pola hidup sehat dan pola makan.

Untuk mendapatkan payudara indah yang anda idamkan, setidaknya ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan :

Istirahat yang cukup dan gizi seimbang

Ini kelihatannya sepele dan sering diabaikan. Padahal ini sangat menentukan.
Wanita yang mempunyai pola makan dengan gizi seimbang terbukti memiliki pertumbuhan dan tekstur payudara jauh lebih baik dari pada wanita dengan pola makan asal-asalan.
Ditambah dengan istirahat yang cukup akan membantu keseimbangan hormonal sehingga payudara tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Diet sehat payudara

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, E dan C.
Makanan ini dapat anda dapatkan pada wortel, aprikot, buah persik, bayam dan buah jeruk. Ini akan bagus bagi payudara anda. Selain itu, payudara juga "menyukai" pisang yang kaya potasium.

Olahraga

Olahraga sangat menentukan kekencangan dan kekenyalan payudara.
Ingat payudara tersusun oleh ribuan otot dan jaringan lunak yang mempunyai peran dalam masalah kekencangan dan kekenyalannya.
Push up sangat berguna untuk mempertahankan kekencangan otot-otot dalam payudara.
Angkat barbel dengan posisi berbaring ( tentu saja disesuaikan dengan kemampuan tubuh ) juga sangat berguna untuk tujuan ini.
Melakukan olah raga ini secara rutin dan teratur terbukti mampu menjaga kekencangan payudara.

● Berikan kelembaban

Payudara tersusun oleh kelenjar yang sangat halus.
Disamping itu payudara tidak mempunyai kelenjar sebaceous, sehingga rentan terhadap terjadinya kekeringan. Untuk itu anda perlu memberikan perawatan khusus.
Untuk menjaga kelembaban dan meningkatkan elastisitas payudara anda dapat memberikan minyak bulus padanya setelah mandi. Minyak bulus juga dipercaya dapat meningkatkan ukuran payudara, karena adanya estrogen tanaman.
Minyak lain yang dapat digunakan untuk memberikan kelembaban antara lain : minyak geranium, ylang-ylang, sage dan jojoba. Untuk tujuan ini dapat juga digunakan krim payudara.
Pemberian minyak atau krim ini akan lebih menjadi optimal jika disertai dengan pijatan ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Pijat payudara

Pijat payudara pada prinsipnya adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan “merangsang” otot sehingga diharapkan mampu menjaga dan meningkatkan kekencangan payudara.
Ada beberapa teknik pijat payudara yang dapat anda lakukan untuk tujuan ini :

1. Pijat air
Gunakan air hangat. Lakukan gerakan melingkar dengan semprotan air dari tengah payudara ke ketiak. Untuk bagian bawah payudara, gerakan harus lebih intens karena ini adalah daerah bertanggung jawab atas ketinggian menopang payudara.
Hindari kontak langsung pada puting dan sekitarnya karena daerah ini sensitif.
Selain itu tekanan harus diperhatikan. Jika terlalu kuat akan melukai payudara sementara jika terlalu lemah, tidak akan memberikan hasil apa-apa.
Setelah pijat air, otot-otot yang terletak di kelenjar susu berkurang, mengakibatkan peningkatan tonus dari otot alami "bra".

2. Pijat Es Batu Susu
Gunakan air susu yang telah dibekukan terlebih dahulu.
Caranya, pijat payudara dengan menggunakan es batu susu tersebut, Perlu di ingat agar melakukannya secara perlahan, karena kulit payudara sangat sensitif.
Cara ini bermanfaat untuk melembutkan, bisa mencerahkan dan dapat mengencangkan payudara.

3. Pijat Hydro
Pijat hydro adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menghindari kerutan yang terjadi di area payudara.
Caranya, basuh payudara terlebih dulu dengan air dingin, kemudian pijatlah searah jarum jam kira kira selama 10 menit.
Beri perhatian khusus pada daerah lipatan ketiak dan pada daerah bawah payudara.
Pijat hydro berfungsi melancarkan peredaran darah dan dapat mengencangkan payudara.
Disamping mempunyai efek terhadap keindahan, pijat payudara yang teratur diteliti merupakan cara yang efektif untuk mencegah masalah payudara, seperti kanker payudara misalnya..
Lihat juga :
> Yang wajib diketahui wanita tentang masalah payudara

Laminaria payudara

Laminaria adalah membungkus payudara untuk meningkatkan sirkulasi, meningkatkan drainase limfatik, memperkuat pembuluh darah, dan meningkatkan warna kulit, membuatnya lebih halus. Dapat digunakan campuran daun rumput laut, minyak lemon.
Komposisi yang dihasilkan diterapkan untuk payudara dan dibungkus dalam film cling.
Setelah setengah jam, harus dicuci dengan air hangat agar menembus kulit melalui pori-pori alami.
Dengan cara ini kulit payudara akan lebih halus dan kencang.

Prosedur salon untuk payudara

Namun jika masih meragukan efektivitas perawatan di rumah, anda dapat pergi ke salon.
Para ahli biasanya menawarkan berbagai prosedur untuk payudara, yang dapat dilakukan secara manual atau dengan modern.
Misalnya, myostimulation adalah cara yang populer untuk menghasilkan dampak pada otot-otot payudara dengan cara memberi arus untuk membuat payudara penuh dan tinggi.
Terapi mikro juga efektif. Microcurrents mengaktifkan sintesis kolagen dan elastin, melakukan peran unsur pendukung payudara, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Lihat juga :
> Mengapa pria punya puting payudara ? Fakta menarik seputar puting payudara

You may like these posts