-->

4 Kunci Keberhasilan Scrubing Wajah Sendiri

Pada setiap periode waktu tertentu kulit manusia akan mengalami siklus alami.
Sel-sel kulit ( termasuk kulit wajah ) akan mati, terkelupas dan tergantikan oleh sel-sel kulit yang baru lagi.
Maka jangan kaget dan heran jika suatu ketika anda mendapati kulit anda yang kusam, kasar bahkan cenderung mengelupas. Itu tandanya kulit sedang mengalami proses alaminya.
Pada saat-saat seperti ini, dimana kulit terlihat kusam dan kasar, mencuci dan membersihkan kulit wajah hanya dengan air dan sabun atau bahkan masker kulit, terkadang belum lagi mencukupi. Kulit anda tetap tampak seperti semula.
Dan bagi seorang wanita, tentu saja ini bagaikan sebuah…..bencana.
Untuk mengatasi hal seperti ini, anda mau tidak mau harus melakukan metode Eksfoliasi.

Eksfoliasi atau pengelupasan ini gunanya adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, sampai merontokkan lemak berlebih hingga jerawat di wajah .


Metode Eksfoliasi juga akan meningkatkan aliran darah ke wajah, sehingga memberikan tampilan wajah yang segar dan berseri-seri.

Eksfoliasi ini praktisnya dapat dilakukan dengan datang saja ke salon terapi kecantikan langganan anda. Namun, eksfoliasi ini juga dapat anda lakukan sendiri di rumah secara mudah.

Caranya ?
Dengan melakukan “scrubing” wajah maka sebenarnya anda telah melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati dari wajah dan kulit anda. Masalahnya adalah, terkadang kita tidak menyadari bahwa teknik “scrubing” untuk pengelupasan yang dilakukan ternyata kurang tepat.
Padahal jika salah cara, kulit tidak menjadi mulus, malah mungkin meradang.

Nah bila anda berminat untuk melakukannya ada baiknya anda mencermati 4 Kunci Keberhasilan Srubing Wajah Sendiri di bawah ini :

Ketahui jenis kulit

Ini yang utama dan pertama, kenali jenis kulit anda. Sebelum membeli produk scrub untuk wajah, amati dan kenali jenis kulit Anda.
Sebelumnya bersihkan kulit anda.
Lalu dengan kondisi kulit yang telah bersih, cobalah untuk berdiri di bawah cahaya langsung matahari beberapa saat. Lalu berkacalah.
Amati apakah kulit Anda tergolong kering?
Jika iya, pilih produk scrub yang bahannya lembut.
Tetapi jika kulit berminyak, pastikan agar tidak menghilangkan terlalu banyak minyak dan malah memperburuk kondisi kulit Anda.
Jika kulit cenderung berjerawat, konsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum melakukan pengelupasan.
Sebaiknya lihat :
> Panduan lengkap mengatasi masalah jerawat

● Pilih produk scrub yang tepat

Butiran scrub yang kasar kadang-kadang bisa membuat wajah memerah.
Sebaiknya Anda menggunakan scrub yang juga disebut mikrodermabrasi. Artinya, butiran scrub yang digunakan lebih kecil, sehingga tidak akan merusak kulit.
Lihat juga :
> Pilih tabir surya ngawur, kulit jadi amburadul. Rumus memilih tabir surya

Scrub mikrodermabrasi biasanya menggunakan gula, biji jojoba, dan tepung almond. Bahan-bahan ini efektif menyingkirkan sel-sel kulit mati namun tidak terlalu kasar untuk kulit.

● Lakukan pengelupasan pada pagi hari.

Kulit akan melakukan regenerasi pada malam hari, sehingga pagi hari merupakan waktu yang pas untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.
Namun, jangan menggosok kulit terlalu kencang dan terlalu sering. Sekali atau dua kali seminggu sudah cukup, meskipun kulit Anda tergolong berminyak (untuk kulit yang sensitif, cukup sekali seminggu).
Melakukan pengelupasan secara berlebihan tidak baik untuk kulit Anda yang lembut.
Sehabis melakukan pengelupasan atau scrubbing, aplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit dan mengatur produksi minyak.

● Gosok dengan lembut.

Basuh muka dengan air hangat, lalu mulailah menggosok wajah dengan gerakan memutar ke arah atas. Namun, kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat men-scrub wajah adalah menggosoknya terlalu keras. Gosok perlahan saja, biarkan partikel eksfoliasi yang bekerja.
Anda hanya membantu agar partikel tersebut meluncur di sekujur wajah; dengan cara itu kulit akan terasa nyaman dan Anda sendiri tidak berlebihan memperlakukannya.

You may like these posts