-->

Inilah Lomba Memasak Paling Unik Di Dunia, Lomba Makanan Ruang Angkasa


Di luar dugaan, acara lomba atau kontes memasak yang ditayangkan di televisi ternyata mendapat sambutan yang cukup meriah dari pemirsa. 
Karena itulah beberapa stasiun televisi swasta kemudian juga “berlomba” menyajikan tayangan-tayangan sejenis ini. Mulai dari acara lomba memasak untuk para chef dewasa hingga lomba memasak untuk “chef” anak-anak. Yang kemudian bersesi. 

Bahkan kemudian ada salah satu televisi swasta yang menayangkan acara lomba memasak dengan tajuk yang cukup sangar, Hell Kitchen. Yang merujuk pada sebuah kota di Amerika yang sangat terkenal sebagai daerah rawan dan kumuh. Tajuk yang diusung, memasak bukan hanya sekedar lomba, tetapi sudah merupakan sebuah pertempuran ( laiknya pertempuran hidup mati yang terjadi di Hell Kitchen ). 

Meski tajuk acara lomba memasak tersebut cukup unik, namun ternyata hal ini “belum seberapa” jika dibanding dengan lomba memasak yang sangat unik ini. 
Yang bisa jadi merupakan salah satu lomba memasak paling unik di dunia
Sebab lomba memasak yang diadakan di Inggris ini adalah lomba memasak makanan ruang angkasa

lomba memasak makanan luar angkasa

Di Ingggris, seorang Astronot Inggris, yang bernama Tim Peake, mengadakan sebuah lomba memasak di kalangan anak-anak sekolah untuk merancang sebuah makanan yang enak yang akan digunakan dalam misinya ke Stasiun Ruang Angkasan Internasional, ISS, tahun depan. 
Dalam kompetisi memasak yang unik ini, Peake meminta agar anak-anak sekolah untuk menciptakan makanan di ruang angkasa untuknya. 

Untuk kriteria masakan yang dinyatakan sebagai pemenang, dewan juri akan mempertimbangkan beberapa unsur yang terdapat dalam makanan , antara lain unsur kesehatan, unsur rasa, dan juga memiliki unsur 'Inggris'. 
Anak-anak yang berhasil keluar sebagai pemenang lomba, nantinya akan diminta untuk mengembangkan ide-gagasannya lebih lanjut bersama-sama dengan salah seorang koki yang terkenal di Inggris, Heston Blumenthal. 

Konon Tim Peake mengadakan lomba memasak yang unik ini karena “ beberapa makanan di Stasiun Ruang Angkasan Internasional ( ISS) tidak enak walau mestinya bisa lebih enak”. 
"Makanannya bergizi namun lembek, kurang rasa dan dan kurang teksturnya." kata Peake. 

Dan dengan mengadakan lomba memasak unik ini, Peake mengharapkan agar dari ide anak-anak sekolah bisa muncul sebuah makanan yang lebih enak, yang akan diusulkannya menjadi makanan tetap selama ia menjalani misinya selama enam bulan di ISS.
 “Anda tidak mau pasta yang lembek. Anda ingin sesuatu dengan tekstur dan renyah untuk menciptakan kenangan atas makanan di Planet Bumi," tambah Peake. 

Untuk diketahui, sebagian besar makanan yang disediakan di ISS terlebih dulu dikeringkan, kemudian disimpan dalam kantung hampa udara untuk mengurangi ruang dan berat. 
Untuk memakannya para awak luar angkasa kemudian menambahkan air ke dalam makanan tersebut , yang dimakan langsung dari kantungnya atau diisap lewat sedotan. 

Lihat juga : 

You may like these posts