-->

Mau Beli Microwave ? Ketahui Dulu Rahasianya

Microwave, saat ini memang belum se-begitu populer dan begitu dibutuhkan oleh sebuah keluarga ( baca : ibu rumah tangga ) sebagaimana layaknya perkakas dan perlengkapan lainnya.
Seperti kulkas atau lemari es, mesin cuci, magic jar dan sebagainya.
Namun tidak akan terbantahkan jika dari hari kehari kebutuhan ibu-ibu rumah tangga akan microwave ini akan semakin meningkat.

Ini dikarenakan, secara kalkulasi akan terjadi peningkatan taraf kehidupan pada umumnya ( mudah-mudahan ) di masa mendatang. Juga ibu-ibu rumah tanggga dari hari ke hari menginginkan segala sesuatunya dapat dikerjakan secara praktis.
Juga, karena microwave memang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan dalam sebuah rumah tangga, karen alebih efisien bila dibandingkan dengan Oven biasa.
Dan jangan lupa, kepemilikan sebuah microwave dapat mencerminkan sebuah gaya keluarga yang modern ( saat ini ).


Microwave sendiri bekerja dengan mengeluarkan sebuah gelombang elektromagnetik dengan jarak gelombang lebih panjang dari panjang gelombang infra merah, tetapi lebih pendek bila dibandingkan dengan panjang gelombang radio.
Panjang gelombang Microwave berkisar antara 20 cm – 1 mm.
Anda tidak akan merasakan panas yang dihasilkan oleh Microwave ini.

Panas yang dihasilkan Microwave akan lebih cepat masuk ke dalam makanan bila dibandingkan dengan Oven. Dan anda tidak perlu “memanaskan” terlebih dulu ketika akan memasak. Dengan demikian waktu yang dibutuhkan oleh Microwave untuk memasak makanan akan jauh lebih cepat dibanding Oven biasa. Waktunya kurang lebih dua pertiga dari waktu yang dibutuhkan Oven.

Masalahnya, Microwave yang dijual di pasaran ada beberapa jenisnya.

Di pasaran, umumnya beredar dua macam jenis Microwave.


- Microwave biasa
- Microwave yang dilengkapi dengan sistem pancaran Konveksi

Untuk effisiensi dan efektivitasnya, Microwave dengan sistem konveksi akan jauh lebih baik dengan Microwave biasa, meski harganya – tentu saja – akan sedikit lebih mahal.
Sebab Microwave yang dilengkapi sistem konveksi panas yang dihasilkan akan lebih cepat dan lebih dalam masuk ke permukaan bahan makanan. Sehingga makanan akan masak secara lebih menyeluruh.
Disamping masalah pancaran panasnya, ada beberapa “rahasia” lagi dalam memilih dan microwave.

Dan berikut ini adalah panduan singkat untuk membeli Microwave :

● Lihat dan perhatikan besaran Watt atau kapasitas listrik yang dibutuhkan oleh Microwave yang akan anda beli. Sesuaikan dengan kapasitas listrik di rumah anda.
Kebanyakan Microwave dijual dalam kapasitas listrik sebesar 500 watt sampai 800 watt untuk panas yang tinggi
● Microwave yang dilengkapi fasilitas pengontrol atau pemutar digital akan lebih baik jika dibandingkan dengan fasilitas dan pengontrol manual. Disamping itu akan mudah dalam pengoperasian.

● Sebaiknya pilih Microwave yang ada meja putarnya. Karena jika tidak ada, anda harus rajin-rajin memutar wadah olah dalam Mictrowave.

● Fasilitas browning atau grill sebaiknya juga tercantum dalam brosur kemasan. Karena fasilitas ini akan memberikan rasa dan penampakan warna yang lebih pada makanan dibanding Microwave biasa.

Lihat juga :
> Tips mengolah makanan secara cepat dengan menggunakan microwave

You may like these posts