-->

Tips Sederhana Mengatasi Rasa Galau Anda

Majunya perkembangan jaman dan pola hidup modern “menuntut’ kaum wanita untuk melakukan lebih banyak kegiatan dan aktivitas. Terlebih bagi wanita karier atau wanita pekerja. Mulai dari urusan pekerjaan sampai urusan rumah tangga.Hal ini juga menimpa para remaja.
Karena kesibukan sekolah saat ini sudah tidak bisa diabaikan begitu saja. Padatnya kegiatan sekolah sudah tidak sama lagi seperti dulu kala.
Bahkan anak sekolah pada saat ini ibaratnya sudah sama dengan orang yang bekerja. Belum lagi rumitnya hubungan sosial dan berbagai permasalahan yang sering timbul pada remaja.
Pada akhirnya, akibat dari semua kegiatan dan aktivitas tersebut dapat menyebabkan kelelahan fisik dan ketegangan otak serta pikiran.

Masalah kelelahan fisik relatif lebih mudah di atasi. Dengan asupan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup serta pola hidup sehat, tubuh biasanya akan bugar kembali.

Tetapi akan beda halnya dengan masalah ketegangan otak dan pikiran. Jika tidak pandai-pandai mengelola dan mengatasi masalahnya, akan menyebabkan kondisi galau atau stress.

Bahkan pada beberapa orang yang tidak tahan banting akan berakibat fatal. Gila, karena tidak tahan lagi syaraf otaknya.


Pada dasarnya, untuk semua manusia, sebuah ketegangan atau bahkan sengaja mencari sesuatu yang tegang terkadang memang dibutuhkan. Ketegangan yang seperti ini akan memacu adrenalin, memberi sensasi dan memberi semangat hidup.
Hanya saja apabila sebuah ketegangan harus berlangsung secara terus menerus, bisa dibayangkan betapa pusingnya. Dan jika ketegangan itu terus terjadi pada syaraf otak, bisa dipastikan akan menjadi galau sekurangnya. Dan stress pada akhirnya.

Jadi, rasa galau ini bisa terjadi disebabkan syaraf otak yang terus dan terlalu tegang, karena terlalu keras bekerja dan terlalu berat beban yang ditanggungnya.

Sehingga untuk mengatasi rasa galau ini, haruslah diatasi terlebih dulu sumbernya, yaitu syaraf otaknya.

Meski otak memang didesign sebagai pusat pengendali segala macam kegiatan dan aktivitas manusia ( dapat dibayangkan betapa “ sibuknya” ia ), otak juga butuh “tidur”. Waktu untuk beristirahat, tidak memikir dan mengatur pekerjaan apa-apa.
Maka secara sederhana untuk mengatasi rasa galau , yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mengistirahatkan dan mengendurkan syaraf otak.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk mengendurkan syaraf otak, sehingga anda tidak menjadi galau karenanya :

Dengan melakukan pernafasan perut :

- Mulailah dengan menarik napas dalam-dalam dan simpan di dalam perut
- Tegangkan otot di bagian leher dan kepala lalu dengan cepat lemaskan kembali
- Ketika melemaskan otot, tenangkan pikiran.
- Dan usahakan agar pikiran dikosongkan saat melakukannya.
- Cara pernafasan perut ini bisa dilakukan, baik pada posisi duduk ataupun berdiri.

Melakukan pernafasan hidung :

- Prinsipnya dasarnya sama dengan cara pertama
- Dilakukan untuk menenangkan pikiran yang sedang kalut atau kusut dan rasa galau
- Ambil posisi yang disukai. Bisa duduk di kursi, berbaring di lantai atau sambil berdiri saja.
- Tarik napas melalui hidung.
- Bersamaan pengeluaran napas, kendurkan dan lemaskan otot-otot,
- Kosongkan pikiran yang sedang kalut, buang jauh-jauh semua beban hidup.
- Bayangkan saja, seolah-olah sedang mengambil suatu tenaga baru dari alam saat menghirup napas, dan membuang segala masalah saat membuang napas melalui hidung.
- Lakukan sekitar 20 menit atau sampai terasa pengaruhnya, yaitu tubuh merasa benar-benar rileks

Dengan latihan dan olah raga

Beberapa gerakan latihan dan olah raga ternyata juga dapat menghilangkan rasa galau, stress dan ketegangan pikiran.
Olah raga Jalan kaki meski hanya sebentar saja, namun dilakukan rutin, cukup ampuh untuk mengendurkan syaraf otak. Juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Yang berarti peredaran darah di seluruh tubuh, termasuk di otak akan berjalan lebih lancar.
Ini dapat dibuktikan, pada umumnya para olahragawan jarang yang terkena stress berat.

Maka cobalah lakukan tips-tips sederhana di atas. Atasi dan halau rasa galau anda.

You may like these posts