-->

Manfaat Berjemur Sinar Matahari Yang Mungkin Belum Diketahui


Dulu, sewaktu kecil kita sering diajari, baik oleh orang tua atau para guru, agar selalu berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari. ( entah kalau saat ini ).
Konon katanya, agar badan kita lebih sehat dan agar bisa mendapatkan vitamin D.
Saat itu, ya… nurut saja. Karena memang belum tahu juntrungnya.
Setelah sedikit tahu, hal tersebut memang ada benarnya. Menjemur tubuh di bawah sinar matahari, di pagi hari memang dapat meningkatkan vitamin D.
Sebenarnya bukan mendapatkan tetapi tepatnya sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Dan vitamin D ini sendiri sangat berguna bagi tubuh untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam usus dan transfer kalsium melintasi membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

Dan sebenarnya pula, hal ini tidak hanya bisa dilakukan di pagi hari saja ( di bawah jam 10.00 ) tetapi juga bisa dilakukan di siang hari.
Cuma di siang hari akan terasa panasnya dan justru bisa merusak kulit dan memicu penuaan dini.
Tetapi apakah hanya untuk meningkatkan vitamin D sajakah manfaat berjemur di bawah sinar matahari ? Ternyata tidak.
Lihat juga :
> Rasullullah ternyata telah ajarkan cara cegah penuaan dini

Masih banyak lagi manfaat dari berjemur di bawah sinar matahari, dan bisa jadi belum anda ketahui, dan berikut ini diantaranya manfaat lain berjemur di bawah sinar matahari :


Dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh

Sangat wajar.
Berjemur di bawah sinar matahari secara otomatis akan meningkatkan suhu tubuh, akibatnya juga akan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit, sehingga akan membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel.
Hal ini juga pada akhirnya akan membuat jantung lebih sehat dengan menurunkan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.

Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari mendukung sistem kekebalan tubuh. Ketika terpapar sinar matahari, tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan penyakit lain yang dihasilkan oleh bakteri, jamur atau virus.

Bermanfaat untuk metabolisme perut

Sinar matahari baik untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan sistem pencernaan dan proses metabolisme.

Bermanfaat bagi kulit

Jika kebetulan memiliki kondisi kulit yang cukup kronis seperti jerawat, eksim dan lainnya berjemur di bawah sinar matahari akan membantu penyembuhannya.
Sinar matahari ternyata juga dapat memperbaiki bekas luka dan gangguan kulit lainnya.
Lihat juga :
> Panduan lengkap mengatasi masalah jerawat

Hanya sebagai catatan sebaiknya berjemur di pagi hari. Karena pada siang hari paparan sinarnya lebih kuat ( lebih tinggi UV-nya ) sehingga justru bisa berpotensi menghitamkan dan merusak kulit.

Dapat membantu menghilangkan depresi

Mengapa sinar matahari bisa membantu menghilangkan depresi ?
Pelepasan hormon endorfin yang terjadi di dalam otak dapat dipengaruhi oleh sejumlah factor, salah satunya adalah sinar matahari.
Dengan berjemur di bawah sinar matahari otak akan melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti-depresan alami. Dan tentu saja ini sangat berguna untuk membantu mengurangi kasus depresi, dan menyebabkan munculnya perasaan sehat.

Nah, ternyata begitu banyak manfaat dari berjemur di bawah sinar matahari.

Maka sebaiknya tidak perlu takut-takut untuk melakukannya, selama tahu batas-batasnya. Dan tak perlu pula harus menunggu ketika di Bali, karena anda bisa melakukannya di pelataran rumah sendiri.

You may like these posts