-->

Beberapa Fakta Tentang Tidur Yang Mungkin Tidak Terpikirkan

Tidur.
Semua orang pasti sudah tahu dan sudah mengalami apa itu tidur.Tetapi uniknya, tidak semua orang yang tahu, jika ternyata tidur itu juga merupakan sebuah pekerjaan.

Tidak percaya ?

Coba saja tanyakan pada ibu-ibu yang jengkel pada anaknya, yang “kecanduan tidur”.
Jawabannya pasti : “Iya nih, anak ini “kerjaannya “ tidur mulu”….
( Kalau ini sih pasti kerjaannya….Cak Lontong …)
Nah, kan…

Tidur, merupakan siklus alami yang dibutuhkan oleh semua manusia. Sebab dengan tidur metabolisme tubuh akan menjadi sempurna. Memberi kesempatan istirahat pada organ-organ tubuh yang telah lelah seharian bekerja, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, memperkuat system imunisasi tubuh sampai metabolisme untuk pertumbuhan.

Tapi tahukah anda beberapa fakta tentang tidur yang mungkin tidak terpikirkan oleh anda ?

Di bawah ini adalah beberapa di antaranya :

● Kelahiran seorang bayi biasanya akan menghilangkan waktu tidur orang tuanya sebesar 400 – 750 jam di tahun pertamanya.
Itu artinya orang tua sang bayi harus rela “tidak tidur” selama 16 sampai 31 hari.

●Beberapa penelitian menunjukkan, wanita sebenarnya membutuhkan waktu tidur 1 jam lebih lama di malam hari bila dibandingkan dengan kaum pria.
Dari penelitian yang sama terungkap, kelompok wanita yang tidak mendapatkan jatah tidur 1 jam lebih lama maka lebih beresiko untuk mengalami depresi.

● Faktanya, salah satu penyebab orang sulit tidur di malam hari adalah adanya internet yang dapat dengan mudah diakses, bahkan dari rumah. ( Fakta menarik tentang internet lainnya : Tempat yang paling sering digunakan untuk mengakses situs pornografi ternyata di luar dugaan kita )

● Setiap orang yang tidur pasti bermimpi.
Bahkan pada sekali tidur seseorang bisa bermimpi berkali-kali, mengenai hal yang berbeda-beda. Hanya saja tidak semua orang bisa mengingat apa yang telah diimpikannya pada saat tidur, setelah ia bangun.

● Bila anda tiba-tiba tertidur dalam waktu kurang dari 5 menit, itu berarti anda sebenarnya dalam kondisi kekurangan waktu tidur.
Waktu yang ideal bagi anda untuk tidur, yaitu mulai dari mengantuk sampai benar-benar tidur terlelap semestinya adalah antara 10 sampai 15 menit.

● Pada saat seseorang tidur, normalnya semua organ tubuh mengalami relaksasi yang baik.
Otot-otot yang kaku kembali meregang kembali menjadi normal.
Sehingga seluruh tubuh juga seakan-akan meregang ( tapi secara rileks ).
Itulah sebabnya orang-orang menyebut tidur sebagai “molor”.
( Bahasa Jawa, molor artinya meregang ).
Nah kan….Cak Lontong lagi !

● Fakta lainnya tentang :
Kupas tuntas tentang tidur yang berkualitas

You may like these posts